Sabtu, 22 Maret 2008

Liga Premiere
" Arsenal Dan M.U Unggul "
Pertemuan empat tim teratas liga Premiere akan berlangsung pada Minggu(23/3) besok, peringkat pertama MU melawan Liverpool (4), sementara Arsenal (2) akan berhadapan dengan Chelsea (3). Pertandingan yang dikenal dengan Super Sunday ini bakal menjadi ukuran tim yang bakal menjadi pemuncak pada akhirnya nanti.
Untuk sementara The Reds Devil julukan MU lebih diunggulkan untuk memenangi partai melawan The Reds julukan Liverpool. Faktor tuan rumah dan kelabilan tim asuhan Benitez menjadi patokan bahwa Ronaldo dkk lebih diunggulkan.
Harus diingat bahwa, ketika menghadapi situasi sulit, Gerrard dkk justru tampil perkasa seperti ditunjukkan pada Liga Champions dengan menghantam Lyon pada putaran grup serta Inter pada babak 16 besar, kondisi ini harus disikapi oleh pelatih ergusson untuk menghentikan laju Liverpool sekaligus mengamankan posisi tangga teratas sementara Liga Inggris.
Secara kualitas MU unggul untuk lini pertahanan dan peneyerang, duet Rooney dan Tevez sudah terbukti ampuh ketika menghadapi pertahanan yang ketat. Kedua pemain ini rajin mencari celah serta tidak jarang turun membantu lini pertahanan. Kreasi Rooney dan kengototan tevez bisa jadi membuat lini pertahanan lawan berbuat kesalahan dalam melakukan hadangan.
Ketika pasokan bola kepada kedua striker mereka, peran Scholes dan Nani serta kelincahan Ronaldo bisa membongkar pertahanan Liverpool yang digalang oleh Carragher dkk. Tendangan spekulasi jarak jauh Scholes dan nani sering menyulitkan kiper lawan dalam mengantisipasinya.
Kedua wing-back juga rajin menunjang serangan, baik Brown dan Evra secara bergantian naik membuka pertahanan lawan lewat serangan sayap, kehadiran para pemain lini tengah akan menyongsong bola umpan dari sayap oleh kedua wing back tersebut.
Dalam pertandingan nanti, peran Mascherano sebagai gelandang bertahan akan menentukan pergerakan Ronaldo yang coba dibatasi, sementara Gerrard diberi kebebasan dalam melakukan variasi serangan dengan pembagian bola sayap Babel dan Kuyt. Kedua pemain asal Belanda tersebut juga rajin melakukan tusukan, terutama Babael yang memiliki akurasi tendangan dari luar kotak penalti.
Kelengahan Evra yang rajin naik membantu penyerangan bisa berakibat fatal bila Babel lepas dari perhatian Evra maupun pemain jantung pertahanan MU nantinya. Ketidakhadiran Van De Sar di posisi penjaga gawang akan dimanfaatkan oleh Torres dkk melakukan tendangan jarak jauh sambil mencari bola liar yang menjadi kegemaran penyerang asal Spanyol tersebut.
Partai ini jelas akan berjalan keras dan tidak menutup kemungkinan terjadinya kartu merah, temperamental Rooney dan Ronaldo dari kubu M>U serta kengototan Mascherano dalam perebutan bola akan menjadi kunci hasil pertandingan nantinya. Rekor kemenangan yang selama ini berpihak kepada tim asuhan Fergusson bisa saja tercoreng dengan kejelian Benitez dengan pola 4-5-1 yang lebih mengutamakan penguasaan bola.
Chelsea vs Arsenal
Faktor cidera yang melanda tim Arsenal berpengaruh terhadap penampilan tim asuhan Wenger, hasil imbang melawan Wigan dan Middlesbrough memberikan bukti bahwa Fabregas dkk saat ini sedang labil. Sukses menekuk juara bertahan Liga Champions Milan di stadion San Siro ternyata tidak berlanjut pada Liga Inggris.
Sementara Chelsea secara pelan namun pasti berhasil mendekatkan jarak yang hingga saat ini hanya berselisih 2(dua) poin dengan Arsenal. Secara materi, The Blues julukan Chelsea lebih unggul dengan materi pemain soal pengalaman. Ballack dan Lampard untuk lini tengah jauh unggul dibanding Flamini dan Fabregas. Namun dalam kecepatan keduanya memang cukup berimbang.
Sebagai play maker, fabregas lebih mobil dan tidak jarang menjadi kunci kemenangan tim dengan tendangan bebas maupun tendangan jarak jauh yang dieksekusinya. Arsenal cerdik memainkan bola pendek dan tidak jarang melakukan bola jauh untuk memanfaatkan postur Adebayor yang memiliki jangkauan lebih panjang.
Partai ini akan sedikit lamban, tempo permainan yang mengutamakan permainan pendek dan skill para pemain membutuhkan kesabaran dalam upaya menghentikannya. Cole dan Lampaard memang memiliki ball skill diatas rata-rata , sehingga lebih banyak mengendalikan bola.
Arsenal juga demikian, bola lewat Hleb yang berani melakukan intersep sekaligus melewati lini pertahanan lawan dengan one-two touch baik dengan Fabregas maupun Flamini kadang diahkiri bola jauh yang ditujukan kepada Adebayor.
Untuk bisa merapatkan kembali dengan MU, Fabregas dkk otomatis akan lebih ngotot sekaligus modal untuk menghadapi Liverpool pada babak putaran delapan besar Liga Champions. Keinginan itu ada, apalagi jadwal MU melawan Liverpool digelar lebih awal tentu akan menambah motivasi bagi Arsenal untuk memenangi partai ini.
Unggul kecepatan nampaknya akan dimanfaatkan oleh pelatih Wenger dalam melakoni partai ini untuk sekaligus menuai poin penuh, paling tidak hasil imbang.
Pertarungan yang sayang utnuk dilewatkan , bila berjalan normal tanpa adanya Kartu merah, M.U dan Arsenal lebih layak diunggulkan ...

Tidak ada komentar: