Jumat, 04 Januari 2008

04-01-2008
" Prediksi dan Harapan "
Even Euro Austria_swiss akan bergulir pada awal Juni mendatang, dilanjutkan dengan PON XVII di Kaltim. Dua momen olahraga tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi saya, hal itu berkaitan dengan Piala Eropa tentu keinginan untuk menerbitkan kembali buku panduan, sementara untuk PON XVII dalam kapasitas selaku Ketua Pengda Selam Kepri tentu berharap meraih sukses untuk meraih medali bagi kontingen Kepri yang pertama kali ikut PON.
Soal Euro 2008, ini merupakan peenyelenggaraan yang ke-13, untuk tuan rumah bersama kali kedua setelah Belanda dan Belgia tahun 2000. Pesta bola untuk kawasan negara Eropa tersebut memang kurang greget dengan tidak hadirnya Inggris yang selama ini " mengaku " sebagai negeri asal usul sepakbola. Kompetisi Inggris Premiere juga merupakan " kawah candra dimuka " pesepakbola untuk menjadi yang terbaik untuk kawasan Eropa tersebut.
16 Tim yang akan berlaga, hampir seluruhnya mempunyai pemain yang berlaga di Liga Inggris. Ballack(Jerman),Kuyt,Babel(Belanda),Torres,Reyna(Spanyol,Stelios(Yunani),Kuszczak(Polandia),tercatat mungkin Italia saja yang tidak terwakili dalam Liga Inggris. Dari data tersebut kita tidak perlu kawatir bahwa "aroma" Inggris tetap terwakili dalam Piala Eropa nantinya.
Soal peluang,semua tim jelas berpeluang menjadi juara, selama bola masih bundar, semua kemungkinan bisa saja terjadi. Yunani terbukti mampu meraih juara pada tahun 2004, diluar prediksi seluruh pengamat bola. Persaingan sepakbola saat ini sudah semakin tipis, apalagi dalam bentuk turnamen.
Pertimbangan yang dikedepankan adalah faktor rerata usia pemain dan pengalaman yang dimiliki oleh sang pemain serta pelatih.Untuk hal ini, saya lebih mengidolakan Portugal dan Ceska untuk Grup A, Jerman,Kroasia(B),Italia,Belanda(C) Spanyol,Yunani (D). Skenario berikutnya sesuai dengan draft pertandingan perempat final sampai final. Partai Portugal vs Kroasia,Jerman vs Ceska,Italia vs Yunani dan Belanda vs Spanyol.
Pada partai hidup mati, kelebihan pengalaman para pelatih lebih menentukan pada hasil akhir, Scolari (Portugal),Rehaggel(Yunani). Sementara kalau urusan adu tendangan penalti, Belanda kurang mujur, Italia yang sering mendapatkan dewi fortuna> Bila itu terjadi maka semi final yang mungkin adalah Portugal, Jerman, Yunani dan Spanyol. Partai seru akan muncul antara Jerman vs Spanyol, sementara pertemuan Yunani vs Portugal merupakan ulangan final tahun 2004.
Final ideal kemungkinan Portugal melawan Spanyol dan ini merupakan babak baru perseteruan para youngstar. Torres ( Spanyol ) melawan Ronaldo ( Portugal ). Pola keras, skill diatas rata - rata, dengan emosi kedua tim sama - sama panas, menarik dan juga bisa jadi anti klimaks.
Bagaimana dengan nasib selam sendiri?, sebagai olahraga tak terukur tentunya kita juga berharap mampu menyumbangkan medali bagi kontingen Kepri. Pertimbangan juga sederhana, dua peselam Kepri Herman dan Irvan masih muda, keduanya anak pulau yang sudah akrab dengan aroma asin laut serta gelombang yang mengantar mereka untuk bisa berprestasi pada tingkat nasional.
Tolok ukur lain juga bisa dijadikan harapan, prestasi masuk 4 besar untuk Irvan dan 10 besar untuk Herman masih bisa dipoles untuk beberapa bulan terahkir ini. Hasilnya kita tunggu saja nanti.
Prediksi bisa saja meleset, namun kalau itu benar lebih disebabkan kebetulan belaka. Perbedaan pendapat itu bagus, justru itu yang menarik. namun kebersamaan untuk menikmati sebuah hiburan / tontonan tetap dikedepankan....

vItalia,Belanda untuk grup

Tidak ada komentar: